Tips Unik Menggunakan Jilbab Sesuai Postur Wajah

11:14 AM
Di zaman sekarang Perkembangan fashion begitu pesat, apalagi untuk style para wanita. Sudah kita ketahui bahwa di era sekarang ini banyak para Wanita yang mulai mengenakan busana muslim atau berhijab agar lebih dikenal sebagai seorang wanita muslimah. Dan kini wanita muslimah juga sudah dianggap trendy dan modis bahkan hijab style menjadi trending topic dan banyak di bicarakan terutama di kalangan anak muda. Trend cara pemakaian jilbab pun sangat bervariasi dan semakin menunjang kecantikan para wanita muslimah.
tips hijab style sesuai postur tubuh dan bentuk wajah
Tips Hijab (sumber:youtube)
Sudah tahu dong bahwa banyak bermacam-macam model hijab yang mulai di kenakan atau di perlihatkan oleh wanita muslimah. Namun,terkadang banyak juga yang bingung akan pemilihan atau bingung dalam menggunakan hijab yang sesuai dengan bentuk wajahnya. Nah, kali ini kita bakalan menyajikan beberapa tips untuk kamu yang ingin berhijab tapi tetap cantik menawan yang sesuai dengan postur tubuh dan sesuai dengan bentuk wajahnya. Langsung aja ke tips hijab style sesuai postur tubuh dan bentuk wajah :

1.    Wajah Bulat Dengan Postur Tubuh Tinggi dan Lurus

Bagi Anda yang memiliki wajah bulat, sebaiknya menggunakan jilbab dengan menutupi sebagian luar pipi. Apabila memakai jilbab model bergo/pet topi, pilihlah yang menutup sampai pada sisi kanan kiri tulang pipi Anda, ini memberi kesan wajah anda terlihat lebih panjang.

Jika menggunakan ciput arab, sebaiknya jangan memakainya terlalu turun menutup semua dahi/kening Anda, ini juga akan terkesan memperpendek wajah Anda (wajah akan tampak semakin bulat). Sama halnya dengan ciput ninja, jika menggunakan ciput ninja yang memiliki jahitan dibawah telinga, bagian kening jangan ditutupi karena akan membuat wajah terlihat pendek. Yang paling penting, hindari memakai ciput atau jilbab yang super ketat dan menutupi dahi Anda, serta menonjolkan pipi Anda.

Dan untuk Pakaian yang paling pas dikenakan adalah celana panjang. Celana panjang yang pas di kaki akan menonjolkan kelebihan Anda. Padukan celana panjang lurus Anda dengan atasan pas badan. Agar berkesan lebih menarik, kenakan kardigan atau atasan kamisol.


2.    Wajah Panjang Atau Lonjong Dengan Tubuh Kurus

Untuk Anda yang berwajah lonjong atau panjang, Turkish style adalah yang paling pas dikenakan, karena akan memberikan kesan penuh dan lebih padat bagi wajah yang panjang. Anda boleh menggelung rambut Anda agar bentuk kepala Anda lebih bagus dan seimbang dengan wajah. Rekomendasi Jilbab :  Jilbab segitiga dengan dalaman (Ciput) bercepol / konde.

Selain itu Bentuk wajah lonjong atau panjang sangat pas juga dengan gaya hijab Turki. Hijab model Turki yang penggunaannya membiarkan ciput menutup dahi secara horizontal memberikan kesan oval pada wajah. Style lain yang juga cocok untuk wajah panjang yaitu jenis model Turban. Model turban dengan aksesoris pada sisi wajah akan memberi efek penuh. Atau bisa juga dengan model Turban ala Fatin yang beraksen mawar di sisi kepala.

Hindari model hijab yang mengekspos area dahi, karena ini akan menciptakan ilusi wajah yang semakin terihat panjang. Jangan menambah volume, hiasan ataupun ruffle di atas kepala, ini hanya akan mengesankan wajah yang lebih panjang. 

Dan untuk menggunakan pakaian yang bertubuh kurus. Gunakan pakaian Warna-warna terang dengan motif besar bisa memberi efek lebih segar dan besar buat si kurus. Untuk acara santai gunakan flat shoes atau high heels 3-5 cm agar tubuh tak nampak menjulang. Hindari pakaian ketat yg melekat di tubuh dan pakaian bermotif vertikal karena bisa membuat terlihat makin kurus.


3.    Wajah Oval/kecil Dengan Tubuh Mungil

Untuk bentuk wajah yang oval, semua bentuk dan gaya hijab akan kelihatan serasi dikenakan. Jika Anda salah satu pemilik wajah berbentuk oval, maka tak perlu ragu lagi tampil berjilbab dengan style apapun. Sesuaikan dengan busana, aksesoris, dan acara saat Anda mengenakannya. Bagi pemilik wajah oval kecil, Anda bisa memakai aksen turban dan gunakan aksen loose dengan pilihan bahan yang jatuh. Untuk wajah mungil, Anda cocok juga mengenakan hijab yang terbuka pada area tulang pipi di sekitar telinga hingga ke arah dagu. Ini membuat bagian wajah tetap stand out dan tidak tampak semakin kecil.

Dan untuk penggunaan pakaian yang bertubuh mungil. Warna pilihan yg oke untuk si tubuh mungil adalah warna-warna terang dan netral. Warna monokromatik (senada) atasan dan bawahan juga pilihan pintar karena dapat memberi kesan tinggi.Untuk atasan, pilih pakaian yg pas di tubuh dan berkerah V. Hindari pakaian yg longgar, pakaian bermotif ramai dan besar.

Agar kaki terlihat lebih panjang, kenakan celana panjang ramping yg jatuh pas dipaha dan pinggul. Hindari celana model hipster dan detail berlebihan. Gunakan high heels dan biarkan celana jatuh di atas sepatu agar penampilan lebih oke. Bagi penggemar belt, jangan memilih belt besar atau lebar.

4.    Wajah Kotak Persegi Dengan Tubuh Tinggi Besar

Untuk kita yang berwajah persegi disarankan tidak mengenakan hijab dengan model yang menonjolkan pipi dan rahang. Ini akan memberi efek maskulin. Sebaiknya bingkai dagu dan sisi rahang untuk memberikan penampilan yang lebih oval. Model lain yang matching untuk wajah persegi yaitu hijab dengan model round shape. Model ini akan menyamarkan garis-garis keras di wajah sehingga terlihat lebih bulat dan feminim.

Untuk pemilihan pakaian dengan tubuh tinggi besar. Warna pilihan yg oke untuk si tubuh tinggi besar adalah warna-warna gelap, atau warna natural seperti krem & kecoklatan atau bisa juga warna-warna hidup yg solid seperti ungu tua, merah tua, atau hijau tua.Pakaian bermotif juga boleh dipakai asal memilih motif kecil-kecil sehingga badan nggak nampak lebih besar.

Jangan mengenakan pakaian berbahan lentur dan mengilat, juga jangan mengenakan pakaian yg ukurannya terlalu kecil. Itu semua bisa bikin terlihat dua kali lebih besar. Pilihan material hijab juga menjadi penting dan berpengaruh. Pilih material yang sedikit mengembang dan berisi sehingga menciptakan wajah terlihat lebih bulat. Selain itu, pilih warna soft, seperti warna krem, putih, dan warna-warna pastel yang memberi kesan lembut dan mampu menghilangkan garis tajam pada wajah. Hindari warna-warna keras dan menyolok. 


5.    Wajah Segitiga Dengan Tubuh Agak Gemuk atau Tinggi Besar

Wanita dengan bentuk wajah segitiga sangat cocok jika menggunakan jilbab yang longgar. Jilbab erat khusus difokuskan pada separuh atas kepala, hanya penekanan daerah dahi yang lebih lebar, jadi cobalah untuk tetap terbungkus dengan efek yang longgar dengan membuat lipatan lembut di daerah ini. Tutup sebagian sisi dahi untuk meminimalkan lebar dahi dan membuat wajah berbentuk berlian.

Jika anda mempunyai postur tubuh agak gemuk, Gunakan warna-warna gelap, terutama hitam, untuk menutupi bagian tubuh yg cenderung besar. Namun tubuh gemuk juga boleh beralih ke warna-warna terang bernuansa teduh seperti hijau mint, biru toska atau lavender. Kenakan baju yg pas di tubuh tapi tidak terlalu ketat. Bila ingin mengenakan pakaian bermotif garis, pilih garis tipis dan kurus.

Untuk bawahan, pilih celana panjang berpinggang rendah, model pipa lurus datau boot cut. Jika tubuh anda tinggi besar Pakaian yang pas untuk postur tubuh besar adalah flare skirt atau rok layang. Rok model ini akan pas di pinggul dan melayang di bawah pinggul. Potongan rok ini membentuk tubuh bagian bawah. Rok seperti ini dapat dikombinasikan dengan blazer, perhiasan gemerlap dan high heels yang membuat penampilan terlihat memesona.

6.    Wajah dengan Pipi Tembem / Chubby / Tulang Pipi Atas Menonjol Dengan Tubuh Gemuk

Pemilik pipi tembem akan terlihat semakin cantik memakai jilbab bila memakai inner hingga menutupi sampai bagian bawah telinga. Dengan memakai inner akan bisa menutupi sebagian sisi atas pipi. Setelah itu, pilih jilbab dengan bahan loose yang akan membuat Anda semakin cantik. Selain cara tersebut, pipi tembem Anda juga bisa disiasati dengan makeup dengan menekankan shadding pada area pipi.

Untuk tubuh yang gemuk itu sama seperti poin yang ke lima, Gunakan warna-warna gelap, terutama hitam, untuk menutupi bagian tubuh yg cenderung besar. Namun tubuh gemuk juga boleh beralih ke warna-warna terang bernuansa teduh seperti hijau mint, biru toska atau lavender. Kenakan baju yg pas di tubuh tapi tidak terlalu ketat.

Bila ingin mengenakan pakaian bermotif garis, pilih garis tipis dan kurus. Untuk bawahan, pilih celana panjang berpinggang rendah, model pipa lurus datau boot cut.

7.    Wajah Dengan Dahi Lebar Dengan Tubuh Tinggi Besar

Bagi anda yang memiliki dahi/kening lebar tentunya akan semakin terlihat cantik juga memakai jilbab bila memakai inner yang menutupi bagian luar sisi kanan dan kiri jidat dengan aksen silang. Atau mengenakan ciput arab yang memang menutupi sebagian besar dahi. Cara ini akan membuat dahi Anda terlihat lebih kecil dan semakin cantik.

Pakaian yang pas untuk postur tubuh besar adalah flare skirt atau rok layang. Rok model ini akan pas di pinggul dan melayang di bawah pinggul. Potongan rok ini membentuk tubuh bagian bawah. Rok seperti ini dapat dikombinasikan dengan blazer, perhiasan gemerlap dan high heels yang membuat penampilan terlihat memesona.


Nah, itu lah beberapa tips style hijab sesuai postur tubuh dan bentuk wajah. Tapi, untuk lebih menariknya kamu harus menyesuaikan warna dan bentuk pkaian antara jilbab dengan pakaian yang kamu gunakan. Semoga Tips Unik dan menarik ini bermanfaat....

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.